Selamat Datang di Blog Ulun

sr
Powered By Blogger

Sabtu, 26 November 2011

Athlon berbasis prosesor dual-sistem

Athlon berbasis prosesor dual-sistem





Dengan rilis Athlons pertama AMD memulai sebuah kebijakan harga yang agresif. Sejak chip berubah menjadi sangat baik, AMD menyita sebagian besar dari pasar PC pada waktu yang singkat. Sekarang perusahaan ini bertujuan pasar kinerja tinggi workstation dan server.
Menurut AMD, Athlons pertama (Slot A) bisa bekerja bahkan dalam konfigurasi dual-prosesor. Tapi sistem multi-prosesor membutuhkan chipset yang tepat, yang telah muncul tidak begitu lama lalu. Sebelumnya perusahaan menyatakan bahwa prosesor adalah stabil dan menunjukkan kinerja yang tinggi dan kompatibilitas yang baik. Setelah itu akan mengatur produksi dalam jumlah yang cukup untuk penetrasi sebagian besar dari pasar. Kemudian mereka merilis versi lanjutan dari inti - Thunderbird, dan versi low-end prosesor - Duron.
Ada faktor lain: penjualan SMP-sistem melampaui segala perbandingan dengan yang biasa di nomor tersebut. Pada saat produksi Athlons pertama, AMD tidak menghubungi produsen sistem TPS. Selain itu, pengguna biasa lebih rakus untuk produk baru daripada pengguna sistem TPS.

AMD-760MP chipset

Keterangan:
  • AMD-762 utara jembatan (sistem controller);
    • satu dan dual-prosesor mendukung konfigurasi;
    • FSB 200/266 MHz;
    • sampai 4 GBytes PC1600/PC2100 Terdaftar DDR SDRAM;
    • sampai dengan 4 DIMM;
    • AGP 2.0 dengan dukungan mode 1X/2X/4X;
    • PCI 2.2 dengan MHz 33/66 dan 32 - dan 64-bit dukungan mode;
  • AMD-766 selatan jembatan (bus controller perifer);
    • utara jembatan antarmuka oleh bus PCI;
    • dual channel controller dengan EIDE-UATA 33/66/100 dukungan;
    • LPC bus (Count Pin Rendah) dan SM-Bus dukungan;
    • USB controller (4 port eksternal);
    • built-in IOAPIC, dukungan serialisasi IRQ;
    • ACPI dan kompatibilitas Microsoft PC'99 spesifikasi '.
Di sini kita bisa melihat dukungan tidak hanya untuk bus 32-bit 33-MHz biasa PCI, tetapi juga untuk kinerja tinggi versi: bus 64-bit bekerja di 33 MHz, dan bus 64-bit pada 66 MHz. Tapi Tyan Thunder K7 kita diuji hanya modus pertama: 64 bit/33 MHz. Menurut dokumentasi untuk AMD-762 jembatan selatan yang biasa diganti dengan "Southbridge Masa Depan". dan AMD hanya kurang untuk chip jadi dari jembatan selatan yang dapat bekerja dalam modus 64 MHz PCI bit/66. Itulah sebabnya papan yang mendukung mode ini tidak diproduksi baik.
Perlu dicatat bahwa dalam AMD-760MP sistem itu perlu untuk menggunakan memori terdaftar disebut. Bahkan, itu berarti bahwa modul PC1600/PC2100 biasa tidak akan bekerja di papan tersebut.
Selain itu, kami telah menemukan sebuah file di situs AMD bernama "Pertentangan antara Controller-762 AMD Sistem dan VIA Technologies VT82C686B" Super Selatan "Southbridge". Dokumen ini berarti bahwa kita tidak harus menunggu untuk papan menggabungkan sebuah jembatan utara dari AMD dan jembatan selatan dari VIA.

Tyan Guntur K7 - platform dual-prosesor pertama untuk Socket A

Motherboard ini merupakan solusi tunggal pada AMD-760MP, yang diproduksi dalam skala besar. Tapi itu tidak mengherankan karena Tyan adalah pengembang dari referensi desain dual-prosesor papan untuk AMD.
Dewan milik seri Thunder - garis tertua dari motherboard Tyan dimaksudkan untuk workstation dan server. Bahkan, Thunder K7 memiliki segalanya untuk membangun server atau workstation yang kuat. Lihatlah spesifikasi dari papan tulis:
  • AMD-760MP chipset (AMD-762-766 ditambah AMD);
  • dua Socket A (Socket 462);
  • 4 DIMM slot untuk DDR Terdaftar;
  • 5 PCI slot 64 bit/33 MHz
  • 1 Slot AGP Pro;
  • ATI RageXL terpadu berbasis video adaptor (4 Mbytes memori video);
  • 2 chip 3Com 3C920 terintegrasi 10/100 MBytes LAN dan konektor RJ45 2 jaringan;
  • dual-channel Ultra 160 SCSI Adaptec-controller 7899W, 2 68-pin konektor SCSI LVD;
  • 2 IDE konektor (UATA 33/66/100) dan satu FDD;
  • COM-port 2, LPT port, PS / 2 konektor (keyboard dan mouse);
  • 4 Konektor USB (2 tambahan pada braket terpisah);
  • Winbond W83627HF sistem pemantauan berbasis (LPC super I / O + Hardware Monitor);
  • 8 kipas konektor dengan pemantauan frekuensi rotasi tiga dari mereka.
Para K7 Guntur menggunakan Ethernet-chip dari 3Com, sementara semua papan lainnya dari Tyan dilengkapi dengan Intel 82559 chip. Dewan memiliki kekayaan perangkat yang terintegrasi, yang dapat dinonaktifkan jika perlu dengan jumper. Selama tes kami cacat chip grafis dan salah satu chip jaringan. Tapi mereka terus pemanasan. Tampaknya tegangan yang diberikan kepada mereka terlepas dari apakah mereka digunakan atau tidak. Solusi tersebut tidak tampaknya rasional.
Thunder K7 menggunakan Phoenix ServerBIOS 2 6.0 Release. Himpunan opsi Setup BIOS tidak kaya - hanya ada satu fungsi yang menarik - AMD super Bypass (yang bekerja ketika hanya satu prosesor yang diinstal). Penyesuaian halus memori dan multiplier berubah tidak hadir dalam dewan serius. Bahkan, semua dapat Anda lakukan adalah hanya untuk menonaktifkan perangkat yang tidak terpakai dan mengatur frekuensi FSB (200/266 MHz) dengan jumper.
Sebuah chip video terintegrasi terhubung ke PCI bus, bukan untuk AGP satu. Perakit Server tidak suka kartu video AGP, dan ini diperhitungkan oleh para pengembang papan. Modul memori membungkuk pada sudut 25 derajat yang juga berarti bahwa dewan ini dimaksudkan untuk server.
Solusi tersebut digunakan untuk perakitan server rackmount dalam kasus 1U/2U tinggi. Tapi seperti Anda tahu, AMD Athlon prosesor, terutama mereka yang bekerja pada 1000 MHz dan lebih tinggi, yang menuntut sejauh sistem pendingin yang bersangkutan. Dan pendingin yang dapat memastikan pekerjaan yang stabil seringkali lebih tinggi dari modul memori diposisikan cara yang biasa. Itulah mengapa harus ada beberapa solusi pendinginan digunakan eksotis.

Unit catu daya

Dengan memperhitungkan konsumsi energi Athlons tua, power supply unit untuk sistem multi-prosesor harus sangat kuat. Hari ini di Tyan situs Anda dapat menemukan hanya dua unit tenaga direkomendasikan dari Delta dan NMB. Kekuatan mereka adalah 460 W.
Dalam modus dari beban puncak yang AMD Athlon 1400 MHz mengkonsumsi 70 W, dua mengambil, karena itu, 140 W. Sebuah video card tambahan dapat mengambil sebanyak 110 W. Selain itu kami memiliki sebuah kontroler SCSI, jaringan satu, chip video , hard disk SCSI dengan kecepatan rotasi 10.000 rpm ... Anda dapat melihat bahwa sistem adalah tertarik pada energi.
Sebuah unit ATX standar dari daya yang diperlukan tidak cocok di sini. Kekuatan untuk Thunder K7 dipasok melalui dua konektor - basis 24-pin satu dan tambahan 8-pin satu, di mana listrik tersedia untuk prosesor dari penyearah terpisah. Dengan mempertimbangkan bagaimana Athlon tua berjuang untuk kekuasaan, solusi seperti terlihat rasional. Tetapi unit tenaga seperti non-standar, itu sebabnya mereka akan dikenakan biaya cukup banyak.

Teknik Pengujian

Karena stabilitas dan keandalan adalah yang paling penting untuk server, sistem penanda server konservatif. Itulah sebabnya ganda Athlon-sistem yang dimaksudkan terutama untuk workstation. Dan kami meletakkan tekanan khusus pada tugas-tugas yang aneh untuk komputer tersebut.
Kami memilih tes yang menggunakan aplikasi dari kategori yang berbeda - tugas perhitungan intensif, bekerja dengan grafis 2D, visualisasi dan rendering grafis 3D dalam paket profesional, pengolahan data multimedia, editing video. Kami menggunakan aplikasi dioptimalkan untuk sistem multiprosesor.
Pengujian:
  • Visualisasi dan rendering adegan 3D dalam 3D Studio MAX R4.
  • Rendering di Lightwave 6,5.
  • Adobe Photoshop 5.5 - set tes Agung Pix.
  • SPEC ViewPerf 6.1.2 - imitasi bekerja di 6 aplikasi yang menggunakan OpenGL profesional.
  • Stress-test dengan menjalankan beberapa salinan Pengarsip, masing-masing menerapkan kompresi dari file MBytes 256.
  • Klip coding di Windows Media Encoder 7.0.
Sebagai tes tambahan kami memasang video capture kartu profesional Pinnacle Targa 3000 ke dalam sistem Athlon dual-prosesor dan mempelajari operasi komputer sebagai stasiun non-linear video editing.

Konfigurasi dari platform uji

CPU Athlon resmi hanya MP bekerja dalam konfigurasi dual-prosesor, tapi kami tidak bisa menjemput mereka. Itulah mengapa kita diuji Thunder K7 dengan Athlons yang biasa bekerja di 1,4 GHz dan 1 GHz (keduanya ditujukan untuk FSB 266 MHz), yang bekerja sempurna bersama-sama. Varian kedua dari Athlon 1 GHz ditambahkan untuk perbandingan dengan Pentium III dari frekuensi yang sama.
Terlepas dari platform dasar pengujian pada Thunder K7 kami diberi satu lagi prosesor dual-sistem pada "berat" papan Tyan Guntur HEsl pada ServerSet III DIA-SL chipset dari ServerWorks. Kedua papan - Guntur dan Thunder K7 HEsl - memiliki karakteristik yang sama - dua prosesor, hingga 4 GBytes memori terdaftar, terintegrasi Ethernet-chip (s) dan Ultra 160 SCSI controller, AGP Pro slot PCI bus 64-bit. Harga juga dekat, dan dengan mempertimbangkan penyebaran kecil di harga untuk prosesor, sistem selesai akan biaya hampir identik. Selain itu, untuk tingkat tinggi workstation, yang membutuhkan memori besar volume (2 GB dan banyak lagi), III ServerSet DIA-SL papan adalah pilihan hanya untuk hari ini. Dan baru tingkat tinggi papan menggunakan AMD-760MP akan harus bersaing melawan platform seperti persis.
Selain itu, kami telah mengambil dua sistem tambahan:
  • Pentium III dual-prosesor satu di chipset VIA Apollo Pro133A (694X). Platform ini melayani contoh dari sistem dual murah di P-III dengan kemungkinan diringankan tetapi efisiensi yang baik.
  • Uni-prosesor sistem dengan Pentium 4 1,7 GHz dan Intel i850 papan. Platform ini adalah pemimpin dalam clock speed prosesor, dan kami terutama tertarik pada perbandingan efisiensi dengan hasil dual-prosesor sistem dalam tingkat yang berbeda-aplikasi.
Konfigurasi dari berdiri uji diberikan dalam tabel. Dalam semua sistem kami menggunakan 512 Mbytes memori, IBM ULTRASTAR 36LZX cakram keras (10.000 rpm, Ultra 160 SCSI, 4 MBytes cache), dan AGP GeForce3 berbasis akselerator (ASUS V8200 Deluxe dengan 64 Mbytes memori), yang menunjukkan hasil yang sangat baik di profesional OpenGL aplikasi, dalam operasi dengan tekstur dan model wireframe 3D.
Satu kontestan lebih adalah 440BX berbasis dual-prosesor sistem. Tapi dual-prosesor pada papan 440BX dilengkapi dengan Slot 1 konektor, dan itu adalah diffuclt untuk menemukan seperti Pentium III bekerja pada 100 MHz. Itulah sebabnya dual-prosesor sistem 440BX dikeluarkan dari tes.
Tes dilakukan di bawah Windows 2000 Professional dengan Service Pack 2 DirectX 8.0A dan 12,41 driver detonator. Untuk setiap sistem (kecuali Pentium 4) semua tes dijalankan baik di uni-dan dalam konfigurasi dual-prosesor. Untuk dual-prosesor Athlon sistem kami menggunakan Delta DPS465AB-Sebuah unit daya, untuk orang lain - FSP Kelompok kekuatan unit 250W atau 300W.
Uji konfigurasi sistem:
Prosesor Athlon Pentium III Pentium III Pentium 4
Clock speed 1,4 GHz / 1 GHz 1 GHz 1 GHz 1,7 GHz
Chipset AMD-760MP ServerSet III HE-SL VIA 694X (Apollo Pro 133A) Intel i850
Motherboard Tyan Guntur K7 (S2462UNG) Tyan Guntur HEsl (S2567U3AN) Tyan Tiger 200 (S2505DNGR) AOpen AX4T
Memori 512 MBytes Terdaftar PC2100 DDR SDRAM 512 MBytes Terdaftar PC133 ECC SDRAM 512 MBytes PC133 SDRAM 512 MBytes PC800 RDRAM
HDD IBM ULTRASTAR 36LZX (DDYS-T18350, 10000 rpm, 4 MBytes buffer)
SCSI controller Adaptec AIC-7899W (terintegrasi) LSI Symbios 53C1010-66 (terintegrasi) Adaptec 29160N
Kartu video ASUS V8200 Deluxe (NVIDIA GeForce3, 64 MB)

Hasil tes

Rendering dan visualisasi dalam 3D Studio MAX R4

3D Studio MAX adalah tes yang paling populer dari pemodelan 3D, dan algoritma yang digunakan secara efektif kemungkinan sistem multi-prosesor. Kami melakukan dua tes di R4 3D Studio MAX. Yang pertama adalah rendering akhir dari adegan mengukur 800 * 600 piksel yang berisi 32.252 poligon dan 16 sumber cahaya. Sebagai hasilnya, kami memperoleh periode waktu di mana masing-masing sistem perhitungan terpenuhi.
Sistem semua mendapatkan hampir percepatan ganda ketika kedua prosesor diinstal. Athlon 1,4 GHz adalah juara mutlak baik dalam uni-dan dual-prosesor sistem. Athlon 1 GHz berjalan tepat setelah pemimpin pemenang dari, Pentium 4 dan Pentium III baik. Sistem Athlon terlihat sangat menarik bagi pengguna yang bekerja dengan 3D Studio MAX. Efisiensi hanya bergantung pada kekuatan perhitungan prosesor - ada subsistem mempengaruhi itu. Lihatlah dua platform yang sama sekali berbeda pada Pentium III (III ServerSet HE-SL dan VIA 694X) yang menunjukkan kinerja yang sama.
Tes kedua menggunakan subsistem video dan mengukur kecepatan dari objek bergerak menampilkan di jendela proyeksi. Bekerja dengan model wireframe adalah apa semua pengguna paket ini berurusan dengan.
Tes agak berat: representasi yang berbeda dari adegan yang ditampilkan 28.688 poligon dalam empat jendela proyeksi. Perangkat keras OpenGL akselerasi dari kartu video yang digunakan. Anti-aliasing adalah diaktifkan untuk mode wireframe. Terlepas dari kartu video, tes termasuk prosesor sentral (s) dan bus AGP melalui data yang melanjutkan ke pedal gas. Dalam hal ini hasil yang dicapai dengan satu atau dua prosesor tidak berbeda jauh, dan kami memberikan data untuk sistem dual-prosesor.
Pentium 4 Sistem outscored pesaing terdekatnya - Athlon 1,4 GHz ganda - hampir dua kali, yang mungkin karena optimalisasi driver kartu video dan "pribumi" AGP dari Intel.
Pentium III dan Thunder sistem berbasis HEsl (chipset ServerWorks) telah tertinggal di belakang VIA 694X dengan margin kecil.

Rendering di Lightwave 6,5

Ini paket dari NewTek adalah antara tiga program yang paling populer dari pemodelan 3D dan animasi. Kami telah termasuk dalam tes sejak algoritma render sangat berbeda dari yang digunakan dalam 3D Studio MAX. Dalam semua sistem kami memiliki rendering dari adegan dari 5 objek yang mengandung 10.080 poligon dan 3 sumber cahaya dan menggunakan refleksi dan efek pembiasan. Ukuran gambar adalah 1000 * 1000 piksel. Pada pengaturan rendering jumlah thread ditetapkan harus sama dengan jumlah prosesor.
Keunikan utama dari Lightwave adalah bahwa itu bukanlah sebuah aplikasi asli untuk platform Wintel (Windows / Intel) - awalnya tes ini dikembangkan untuk komputer Silicon Graphics. Ini adalah "x86 yang jelas" dalam kode, meskipun ada spesifik prosesor pasti dari Intel atau AMD.
Semua prosesor dengan frekuensi yang sama menunjukkan hasil yang hampir identik, dengan Athlon 1,4 GHz mengambil tempat pertama (baik di uni-dan dual-prosesor kelompok). Para Pentium 4 datang antara yang lalu meski frekuensi tertinggi (dalam aplikasi tidak dioptimalkan untuk kekhususan yang tidak menunjukkan nilai yang tinggi).

Adobe Photoshop, Grand Pix tes

Photoshop merupakan standar untuk pengolahan grafis raster. Grand Pix tes dari Wega Distribusi terdiri dari satu set script untuk Photoshop, Adobe 5,5 yang memungkinkan berbagai macam kemungkinannya. Tes ini lebih disukai daripada hanya penggunaan beberapa efek ("filter"). Kami menggunakan bagian pertama dari paket Pix Agung yang bekerja dengan file PSD-. Dari 20 MBytes. Yaitu semua operasi dilaksanakan dalam RAM tanpa mengakses hard disk.
Pada frekuensi yang sama Pentium III dan Athlon menunjukkan hasil yang hampir sama, dengan Athlon menjadi sedikit lebih baik baik di uni-dan dalam konfigurasi dual-prosesor. Pentium 4 1,7 GHz melakukan sedikit lebih baik daripada 1 GHz Athlon ganda, tetapi kehilangan ke sistem Athlon 1,4 GHz uni-prosesor. Athlon 1,4 GHz dual-prosesor sistem adalah pemimpin mutlak. Mendapatkan kinerja dalam Photoshop pada dual-prosesor sistem ini tidak terlalu besar - beberapa 12-14%. Adapun subyek yang terpisah, pemasangan prosesor yang kedua berkontribusi ke dalam operasi rotasi gambar, operasi dengan gradien dan filter Blur / Sharpen (mana mendapatkan membuat 50%).

Dual-prosesor sistem dan Photoshop - secara rinci

Kami telah memutuskan untuk memeriksa secara detail bagaimana sensitif Adobe Photoshop adalah prosesor kedua dalam sistem.
Uji lab ITC telah menggunakan Grand Pix tes, dikembangkan oleh Distribusi Wega, untuk waktu yang lama sudah. Tes terdiri dari satu set script untuk Adobe Photoshop 5,5 yang menggunakan sampai maksimum kemungkinan program. Itulah sebabnya dengan bantuan mereka kita dapat memeriksa bagaimana operasi yang berbeda dari Photoshop yang sensitif terhadap perubahan yang berbeda dalam konfigurasi.
Pada diagram Anda dapat melihat hasil dari dua yang berbeda sistem dual-prosesor, keuntungan kinerja dengan prosesor kedua diaktifkan. Tes dibagi menjadi subkelompok yang sesuai dengan kategori operasi Photoshop, kita memberikan hasil kinerja untuk kategori ini.
Kita bisa melihat bahwa situasi yang identik dalam kedua kasus:
  • Putar, Skala, Transform operasi - keuntungan dengan CPU kedua 17-18% diaktifkan membuat
  • Gradien, Seleksi, Lapisan - 34-35%
  • Pertajam, Blur filter dan Kebisingan - 55%
  • Distort dan Awan filter - 8-12%
Dalam semua kasus lain tidak ada keuntungan apapun (kami tidak mempertimbangkan 2-3% seperti itu).
Jadi, Photoshop populer 5,5 dapat dipertimbangkan sebagian dioptimalkan untuk SMP (simetris Multi Processing). Keuntungan dari sistem dual-prosesor akan diterima sejauh ini tidak dalam semua operasi, tetapi dalam beberapa dari mereka dapat cukup besar. Dan karena banyak paket grafis benar-benar dioptimalkan untuk SMP (misalnya 3D Studio MAX, Lightwave dll), stasiun dual-prosesor untuk tujuan ini adalah solusi yang tepat.

Windows Media Encoder 7.0

Aplikasi ini diambil dari Launcher 4 Aplikasi Pentium. Hal ini dimaksudkan untuk pengkodean data audio dan video (kami kode format AVI ke format WMV). Windows Media Encoder 7.0 dioptimalkan untuk satu set instruksi SSE/SSE2, tetapi bisa menggunakan prosesor kedua juga.
Pentium 4 1,7 GHz outscored semua uni-prosesor konfigurasi, tetapi hilang ke sistem Athlon 1,4 GHz dual-prosesor (dengan 13%). Athlon 1 GHz uni-proccessor sistem tertinggal di belakang sistem Pentium III uni-prosesor dari frekuensi yang sama, tetapi ketika kedua prosesor diaktifkan, Athlon menang. Dalam sistem dual-prosesor lebih rasional untuk menggunakan Athlon dari Pentium III dalam sebagian besar kasus.

Pengarsipan dengan WinAce

Kami berlari dari 1 sampai 8 salinan WinAce berturut-turut pada interval 5 detik, setiap kemasan sebuah file uji 256 MBytes (dengan kompresi maksimum dan ukuran maksimal kamus). Interval waktu dari awal prosesor pertama sampai akhir yang terakhir diukur.
Tes ini dekat dengan server aplikasi dalam karakter beban. Untuk server seperti manfaat utama dari penggunaan prosesor kedua terdiri tidak dalam percepatan implementasi aplikasi dioptimalkan untuk SMP, namun dalam kemampuan untuk mendistribusikan beban secara rasional antara prosesor yang dibuat oleh banyak uni-prosesor tugas diimplementasikan pada server dengan pengguna yang berbeda.
Karena jumlah proses tumbuh, waktu pelaksanaan tes seluruh tumbuh secara linear. Pada pelaksanaan proses simultan beberapa identik manfaat dari SMP sebanding dengan jumlah prosesor.
Hasil Pentium III dan Athlon 1 GHz identik dalam uni-dan dual-prosesor konfigurasi. Nilai dari Pentium III 1 GHz pada VIA 694X dan ServerWorks DIA-SL digabungkan karena perbedaan jauh kurang dari satu persen.
Sistem pada Intel Pentium III dan AMD Athlon sangat baik kesepakatan dengan sejumlah besar aplikasi secara bersamaan digunakan. Pentium 4 bekerja jauh lebih buruk dalam mode multitask, sistem tersebut hanya dapat mengalahkan uni-prosesor konfigurasi pada 1 GHz.

SPEC ViewPerf 6.1.2

Karena tingkat kinerja dalam sebagian besar subyek yang sama, kita telah meninggalkan untuk anda hasil hanya dua tes yang paling demonstratif - AWadvs-04 (Alias ​​| Wavefront Lanjutan Visualizer) dan DX-06 (IBM Data Explorer).
Hal pertama yang menarik mata saya adalah keuntungan yang cukup dari sistem Intel Pentium 4 yang dipertahankan dalam semua subyek lainnya. NVIDIA terus mengoptimalkan driver nya, memeras segala sesuatu yang mungkin dari set instruksi tambahan, dan mengabdikan khusus press-release untuk mendukung SSE2 dalam detonator baru 12,41.
Dalam tes AWadvs itu juga terlihat bahwa chipset ServerWorks memiliki masalah serius dengan beberapa aspek kinerja - hasil dari uni-prosesor sangat rendah, dan prosesor kedua tidak memperbaiki situasi. Sangat menarik bahwa prosesor kedua adalah berguna hanya pada sistem ini. Dalam semua kasus lain kinerja hanya bergantung pada kartu video dan data rate di bus AGP, yaitu tidak ada yang dilakukan untuk prosesor kedua. Sebaliknya, VIA 694X terlihat tidak begitu buruk di latar belakang ServerSet HE-SL.
Dalam IBM Data Explorer situasi adalah sama hanya berbeda pada kenyataan bahwa tidak ada manfaat nyata dari prosesor kedua. Pentium 4 1,7 GHz datang pertama, diikuti oleh kedua sistem berbasis Athlon (menurut frekuensi). Dalam kombinasi dengan Pentium III VIA dilakukan lebih baik.

Video capture dan pengolahan

Kami menguji sistem dual-prosesor Athlon juga untuk pemrosesan video. Jadi, kami memasang kartu kinerja tinggi non-linear video editing Pinnacle Targa 3000 dilengkapi dengan panel kontrol beralih ($ 7.000). The Targa 3000 mampu memproses sampai 4 lapisan video atau 3 lapisan dari video dan grafis 5 lapisan dalam mode real time tanpa perhitungan awal. Setelah tingkat kinerja tinggi, sistem membutuhkan sebuah platform perangkat keras dengan PCI bus 64-bit dan subsistem disk dengan bandwidth yang tinggi, karena aliran video bisa mencapai 40 MBps di video menangkap dan 160 MBps saat bereproduksi.
Pengujian dilakukan pada dua dari empat sistem pengujian (di K7 Thunder dan Guntur HEsl), sejak dua lainnya tidak mendukung bus 64-bit PCI. Dalam setiap sistem kami menambahkan 4 SCSI disk Seagate Barracuda 36ES 18,4 GBytes, yang digabungkan menjadi array dilucuti (RAID 0). Sebuah fragmen video itu dikonversi menjadi bentuk digital dan direkam ke hard disk yang akan diedit di Adobe Premiere dengan overlay efek dan lapisan video tambahan.
Menurut tes ini, kedua sistem - Guntur K7 dengan dua Athlon 1,4 GHz, dan Thunder HEsl dengan dua P-III 1 GHz - ternyata cocok untuk tugas tersebut. Athlon-sistem bekerja stabil, dan waktu respon yang jauh kurang. Untuk Thunder K7 kami menggunakan kartu AGP-video yang sama seperti pada tes lainnya. Pada saat yang sama, pada HEsl Guntur karena beberapa keanehan dari dukungan AGP ServerSet HE-SL chipset kerja normal dengan video hanya mungkin bila kartu video memiliki antarmuka PCI. Akibatnya, sistem dual-prosesor Athlon melakukan sangat baik dalam tugas-tugas mengedit video, membuat tidak ada masalah baik dalam penyesuaian peralatan atau selama operasi.

Athlon dual-sistem prosesor

Kami telah memutuskan untuk mulai menggambar kesimpulan tentang sistem Athlon dual-prosesor dengan tayangan kami. Salah satu isu utama kami mencoba memperjelas bukan kinerja tetapi blok stabilitas, kompatibilitas dan sandungan yang dapat memperburuk kesan meskipun karakteristik kecepatan super.
Sebagai contoh, instalasi sistem operasi. Prosedur ini harus sederhana. Tahun 2000 Windows telah diinstal dengan sempurna pada sistem AMD-760MP. Kini AMD dari situsnya mempromosikan Paket AMD Driver yang mendeteksi chipset dan sistem operasi dan menginstal semua driver yang diperlukan. Ini adalah semua yang Anda butuhkan untuk operasi yang benar dari OS dengan chipset ini.
Sistem ini tidak tergantung pada tes dan tidak ada aplikasi memberi tahu kesalahan. Sistem AMD-760MP berbasis bekerja sebagai sistem yang stabil baik harus bekerja.

Rentang aplikasi

Platform baru dari AMD adalah pesaing terkuat untuk sistem berbasis Pentium III dengan fungsi yang sama, yaitu untuk produk di ServerWorks, chipset Intel i440GX dan dual-prosesor sistem pada i820/i840 dilengkapi dengan RDRAM.
Para 694X VIA (Apollo Pro133A) berbasis komputer biaya jauh lebih sedikit daripada mesin AMD-760MP berbasis, namun fungsinya akan jauh lebih sedikit juga: kurangnya dua kali kurang RAM, sebuah bus PCI 64-bit dll chipset Apollo Pro266 masih produk jelas, kinerjanya hanya sedikit lebih baik daripada Pro133A Apollo, meskipun dukungan DDR SDRAM. Ini berarti bahwa Anda tidak akan dapat membangun sebuah sistem dual-prosesor murah di AMD-760MP, tetapi untuk yang mahal, tidak masuk akal.
Pentium 4 adalah juga cocok untuk tugas-tugas tertentu, tetapi lingkaran dari mereka adalah jauh lebih sempit daripada kisaran aplikasi dual-prosesor pada AMD Athlon. Sedangkan untuk Pentium 4 Xeon (versi server prosesor), AMD-760MP terlihat, dibandingkan dengan itu, solusi yang lebih dapat diterima, karena harga sistem setidaknya dengan dua Pentium 4 Xeon dan ukuran masing-masing dari RDRAM tetap terlalu tinggi.
Tingkat tinggi dual-prosesor chipset untuk Socket 370 telah memperoleh pesaing yang sangat serius - AMD-760MP. Athlon AMD outscores Pentium III pada frekuensi maksimum, itulah sebabnya bahkan jika efisiensi sistem prosesor ganda pada prosesor ini adalah sama, Anda dapat merakit komputer yang lebih efisien pada AMD-760MP dengan mengorbankan CPU dengan tinggi frekuensi. Dalam semua hal lain chipset baru AMD juga unggul, dan kelemahan tunggal - kurangnya dukungan 64-bit PCI bus 66 MHz - akan segera dihilangkan.

PS

Anda mungkin bertanya kepada kami mengapa kami tidak menyentuh Duron dual-prosesor. Kami mencoba, itu bekerja. Setelah instalasi dari dua prosesor AMD Duron 800 pada Tyan Guntur K7 Windows 2000 dimuat, melihat kedua prosesor dan berlari aplikasi tanpa masalah. Tapi apakah masuk akal untuk merakit sistem tersebut sekarang? Biaya dewan dan memori membuat perbedaan antara harga untuk Athlon dan Duron begitu kentara, dan hasilnya sangat menarik. Pertama, Athlon outscores Duron dengan 1,5 pada frekuensi tertinggi, kedua, karena kurangnya fungsi overclocking di papan tulis Duron akan bekerja pada 200 MHz dinilai FSB. Ini berarti bahwa seperti ekonomi sekecil apapun akan menghasilkan downgrade cukup besar dalam kinerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar